Tingkatkan Perekonomian – Tim Abdimas Kec. Cinangka Bantu Produksi Kerajinan Kerang di Desa Karang Suraga dan Kunjungan UMKM Ikan Asin di Desa Pasauran

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

 

Potret Tim Abdimas bersama UMKM Ikan Asin di Desa Pasauran (paling atas) dan UMKM Kerajinan Kerang di Desa Karang Suraga (paling bawah)

 

CINANGKA – Pada Jum’at, 21 Oktober 2022 Tim Abdimas  melakukan kunjungan ke pelaku UMKM Ikan Asin di Desa Pasauran dan ikut membantu proses produksi UMKM Kerajinan Kerang di Desa Karang Suraga.

Dalam menjalankan program kerjanya di bidang perekonomian, Tim Abdimas Kec. Cinangka masih terus melakukan kunjungan ke seluruh UMKM yang ada di 14 Desa Kecamatan Cinangka.

“Abis ini kita lanjut ke atas yah, di belakang sana banyak yang lagi produksi ikan asin” Ajak Pak RT 01 Desa Pasauran kepada Tim Abdimas dengan semangat.

Terdapat total 4 UMKM yang memproduksi ikan asin di Desa Pasauran, dengan berbagai jenis ikan asin dan varian harga yang berbeda-beda mulai dari 5.000 rupiah/ 3 bungkus hingga 50.000 rupiah tergantung jenis dan besarnya ikan.

Rata-rata kendala yang di hadapi para pelaku UMKM ada di modal dan pemasarannya. Karna sudah terbiasa selama bertahun-tahun bahkan ada yang belasan tahun berjualan ikan asin hanya mengandalkan teknik mulut ke mulut dan berdagang secara keliling.

Tim Abdimas pun sepakat untuk membantu para pelaku UMKM ikan asin di Desa Pasauran dalam proses pemasarannya dengan teknik digital marketing dan membantu proses pembuatan market place dan sosial media untuk para pelaku UMKM ikan asin.

Sementara dalam UMKM Kerajinan Kerang di Desa Karang Suraga, Tim Abdimas ikut serta dalam proses produksi Kerajinan Kerang setelah minggu sebelumnya membuat janji.

“Iya jadi kita kasih lemnya di pinggir alas kerang ngikutin lingkarannya ini” Kata Pak Nono mengajarkan Tim Abdimas langkah membuat kerajinan kerang.

Tim Abdimas membantu UMKM Kerajinan Kerang di Desa Karang Suraga membuat Kerajinan kerang dari yang paling mudah untuk para pemula yaitu dalam bentuk bros atau pin.