Tingkatkan Perekonomian – Tim Abdimas Kec. Cinangka Kunjungi UMKM di Desa Bantarwaru

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

 

Potret Tim Abdimas bersama para pelaku UMKM di Desa Bantarwaru Kec. Cinangka

 

CINANGKA – Pada Jum’at, 28 Oktober 2022 Tim Abdimas Kecamatan Cinangka melakukan kunjungan kepada para pelaku UMKM yang ada di Desa Bantarwaru. Ada 3 UMKM di Desa Bantarwaru yang di kunjungi oleh Tim Abdimas yaitu, UMKM Golok, Kerajinan Anyaman, dan Kerajinan Rumbia.

“Untuk awalnya, itu karna hobi aja sih karna saya suka sama golok dan seru aja buatnya dari prosesnya juga” Kata Pak Rais Pemilik UMKM Golok dalam sesi wawancara bersama Tim Abdimas.

Sementara untuk harga jual kerajinan golok yang di buatnya mulai dari harga Rp. 300.000.00-, – Rp. 500.000,00-, tergantung besar dan rumitnya pembuatan golok yang di jual. Untuk waktu dan lamanya pembuatan bisa sekitar 3 hari hingga satu minggu untuk satu buah golok.

Berganti ke UMKM Kerajinan Anyaman dan Rumbia yang ada di Desa Bantarwaru. Usaha yang di dirikan sendiri oleh pemiliknya dan bermodalkan daun yang di ambil sendiri dari kebon sekitaran.

“Untuk anyaman yang udah jadi saya jual lima ribu sampai dua puluh ribuan aja, tergantung besar kecilnya anyaman” Kata Pak Rahmat sambil menunjukkan anyaman yang telah di buatnya kepada Tim Abdimas.

Untuk pemasaran dari kerajinan anyaman yang telah di buat, biasanya satu minggu sekali akan ada pemasok yang mengambil dan di jual kembali ke pasar-pasar di Padarincang.

Sementara harga dari kerajinan rumbia hanya Rp. 3.000,00-, untuk tiap sisirnya.